Slide Hut RI 76
Slide WBS
Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...
Slide LRA

Layanan Pengelolaan Limbah Radioaktif PTLR Langsung "panas" di Awal Tahun 2020

Layanan pengelolaan limbah radioaktif PTLR langsung "panas" di awal tahun 2020, tidak perlu menunggu waktu hingga tengah tahun. .....

Selengkapnya...

(Tangerang Selatan, 20/02/2020) PTLR kembali menjadi tempat rujukan untuk berbagi pengalaman dalam pembangunan zona integritas, kali ini yang datang adalah Tim Reformasi Birokrasi dari Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, salah satu unit kerja di Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kesempatan yang baik ini juga dimanfaatkan Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM), salah satu unit kerja di Batan untuk mendapatkan informasi tentang pengalaman PTLR dalam memperoleh predikat WBK dan WBBM. Pada tahun 2019 yang lalu, tercatat sejumlah satuan kerja dari luar Batan yang datang ke PTLR untuk mengikuti acara seperti ini. 

Acara yang bertajuk sharing knowledge pelaksanaan pembangunan zona integritas di PTLR sengaja digelar untuk memenuhi permintaan dari Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan yang berkantor di kota Bandung. Tugas satuan kerja ini adalah melaksanakan penelitian, penyelidikan, dan perekayasaan serta pelayanan di bidang air tanah, geologi teknik, dan geologi lingkungan.

Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan merupakan satuan kerja di Kementerian ESDM yang telah mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB pada tahun 2018. Setelah pencapaian predikat tersebut hingga kini belum naik tingkatnya menjadi Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sehingga perlu "belajar" ke satuan kerja lain yang sudah mendapat predikat tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan mengirim empat pegawai ke PTLR, Erna Mindo Theresia Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian sekaligus agen perubahan, Ayu Fadhillah Ketua Tim ZI serta 2 orang sekretaris Tim ZI.

Sedangkan PSTBM mengirim 5 orang anggota Tim ZI yang dipimpin oleh Fahrurrozi Akbar. Tim ini beranggotakan anak anak muda yang semangatnya luar biasa dan bertekad membawa PSTBM memperoleh predikat WBK tahun ini.

Acara dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha PTLR, Agoes Soejoedi. Dalam sambutanya menyatakan bahwa kunci utama untuk pencapaian predikat WBK dan WBBM adalah komitmen, tidak hanya komitmen pimpinan namun juga komitmen semua pegawai. Agoes menambahkan bahwa predikat tersebut harus dipertahankan karena sifatnya bisa dicabut kapan saja ketika tidak memenuhi persyaratan.

Zulfiyandi, Kepala Unit Jaminan Mutu PTLR sekaligus motor penggerak reformasi birokrasi di Batan yang menjadi nara sumber acara ini, menjelaskan secara lengkap dan jelas bagaimana melakukan perubahan pada 6 area yaitu manajemen perubahan, penguatan ketatalaksanaan; penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan,  dan.peningkatan kualitas pelayanan publik. PTLR telah melakukan banyak perubahan pada area tersebut dan akan terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Untuk mempercepat pencapaian WBBM, Zulfiyandi mempunyai jurus jitu yaitu menerapkan 5 langkah strategis terdiri dari menjaga komitmen seluruh komponen organisasi, memberikan kemudahan layanan, menyusun program yang berorientsi kepasa masyarakat, melakukan monitoring dan evaluasi dan menggunakan media untuk sosialisasi layanan.

Selama pemaparan materi, terjadi tanya jawab dan diskusi yang menarik antara peserta dengan nara sumber untuk memperjelas suatu topik bahasan. Seperti bagaimana menghilangkan persepsi korupsi, pola karir pegawai yang tidak jelas, menjaga perubahan agar bersifat permanen, meningkatkan layanan publik dengan hal kecil yang sebelumnya mungkin  tidak terpikirkan dan lain-lain.

Pada penutupan acara, Erna Mindo Theresia mewakili Tim PZI Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan PTLR menerima kunjungan dan berbagi pengalamannya. Sambutan dan penerimaan yang luar biasa sudah menunjukkan bahwa layanan PTLR prima.  “Pantaslah kalo PTLR mendapat predikat WBBM” ujar Erna mengakhiri kesan dan pesan. 

Pada akhir acara, peserta diberi kesempatan untuk melihat langsung fasilitas pengolahan limbah radioaktif dengan didampingi Pemandu PTLR. (irsan)

LAPORKAN GRATIFIKASI, SUAP, KORUPSI MELALUI ANDROID





Layanan Limbah Radioaktif



Pengaduan Masyarakat



Portal Sistem Informasi



Statistik Pengunjung

Live Visitors Counter

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif - Badan Tenaga Nuklir Nasional

Gedung 50 Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan 15310 INDONESIA

Telp. (021) 7563142 , Fax. (021)7560927

website: www.batan.go.id/ptlr

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.