Slide Hut RI 76
Slide WBS
Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...
Slide LRA

Layanan Pengelolaan Limbah Radioaktif PTLR Langsung "panas" di Awal Tahun 2020

Layanan pengelolaan limbah radioaktif PTLR langsung "panas" di awal tahun 2020, tidak perlu menunggu waktu hingga tengah tahun. .....

Selengkapnya...

(Tangerang Selatan, 28 April 2020) Saat ini wabah Covid-19 sedang melanda Indonesia sehingga banyak kegiatan layanan publik yang diselenggarakan pemerintah harus diatur sedemikian rupa agar tetap berjalan. PTLR yang menyelenggarakan layanan jasa pengelolaan limbah radioaktif untuk lembaga riset, industri dan rumah sakit, tetap memberikan layanan kepada pelanggan di tengah penerapan work from home (WFH) dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kota Tangerang Selatan.

Tahapan dalam layanan jasa pengelolaan limbah radioakti ini sebagian bisa dilakukan dari rumah, yaitu persetujuan pembuatan akun, verifikasi permohonan, penerbitan tagihan dan penerbitan berita acara penerimaan limbah. Hal ini bisa dilakukan karena tahapan administrasi dilakukan dengan aplikasi online eLIRA yang berbasis internet dan bisa diakses dari rumah. Jadi, admin eLIRA bisa senantiasa memantau pekerjaan dari rumah.

Memang tidak bisa dipungkiri, tidak semua tahapan layanan dapat dilakukan dari rumah, salah satunya adalah penerimaan limbah yang hanya bisa dilakukan di PTLR dengan ketemu fisik. Prinsip pencegahan penyebaran virus Covid-19 selalu dilakukan saat penerimaan paket limbah, mulai dari penyemprotan desinfektan untuk mobil pengangkut dan paket limbah, penggunaan masker dan jaga jarak antar petugas layanan dengan pelanggan.

Ketika dihubungi secra terpisah, Raden Sumarbagiono Kepala PTLR menyatakan bahwa PTLR tetap membuka layanan. " Kalau pun ada yang menunda atau membatalkan mengirim limbah itu karena permintaan pelanggan sendiri " jelasnya menegaskan. Sumarbagiono lebih lanjut berpesan jika pelanggan mengalami kesulitan, silahkan menghubungi admin kami via email ataupun media komunikasi lainnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pupung Purnama, salah satu admin eLIRA, diperoleh keterangan bahwa sejunlah pelanggan telah berkomunikasi untuk memastikan bahwa layanan jasa pengelolaan limbah radioaktif PTLR tetap ada. Para pelanggan ini tetap akan melimbahkan dalam waktu wabah pandemi Covid-19. Hal ini didukung oleh layanan perizinan Bapeten untuk mendapatkan surat persetujuan pengangkutan zat radioaktif yang tetep buka. Surat persetujuan ini merupakan salah satu syarat administrasi penyerahan imbah ke PTLR.

Menurut petugas pengangkut limbah radioaktif milik PT Fajar Surya Wisesa yang telah menyerahkan ke PTLR pada senin kemaren 27 Apri 2020, mereka tidak mendapatkan kendala berarti saat pemeriksaan ketika melewati check point pada daerah yang sudah menerapkan PSBB. 

Tidak hanya layanan kepada pihak eksternal Batan yang tetap berjalan, namun layanan pengelolaan limbah radioaktif terhadap satuan kerja internal Batan juga tetap dilaksanakan namun dengan selalu mempertimbangkan aspek keselamatan fasilitas dan pekerjanya. (irsan)

LAPORKAN GRATIFIKASI, SUAP, KORUPSI MELALUI ANDROID





Layanan Limbah Radioaktif



Pengaduan Masyarakat



Portal Sistem Informasi



Statistik Pengunjung

Live Visitors Counter

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif - Badan Tenaga Nuklir Nasional

Gedung 50 Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan 15310 INDONESIA

Telp. (021) 7563142 , Fax. (021)7560927

website: www.batan.go.id/ptlr

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.