Slide lapor go id
Slide PZI PTLR
Slide Survey Persepsi
Slide Hut RI 76
Slide WBS
Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...

(Tangerang Selatan, 24/07/2020) Kegiatan perkantoran dan pengelolaan limbah radioaktif harus tetap berjalan di masa pandemi Covid-19 walaupun dengan pembatasan volume kegiatan dan jumlah pegawai/operator yang diperbolehkan bekerja bersamaan. Pembatasan jumlah pegawai/operator yang berkerja di kantor, dimaksudkan untuk menjamin adanya jaga jarak dan tidak menimbulkan kerumunan di tempat kerja. Keberlangsungan kegiatan administrasi perkantoran dan pengelolaan limbah radioaktif di PTLR tersebut tidak bisa lepas dari tersedianya media energi seperti udara tekan, air bebas mineral, kelistrikan, uap, air domestik dan pendinginan udara. Permohonan layanan pemenuhan kebutuhan media energi di PTLR dilakukan secara online menggunakan  Aplikasi Silaomens.

Silaomens adalah sebuah aplikasi online yang digunakan di internal PTLR untuk merekam semua permohonan pemenuhan kebutuhan media energi dan perawatan instalasi. Aplikasi ini digunakan oleh pemohon yaitu berbagai Bidang/Bagian/Unit yang ada di PTLR dan sebagai penyelenggara layanan adalah Bidang Pengembangan Fasilitas Limbah (BPFL). Aplikasi ini awalnya adalah rancangan proyek perubahan yg dilaksanakan pada saat Laboratorium kepemimpinan dari Suparno, peserta diklatpim IV dari BPFL PTLR setahun yang lalu. Atas berbagai pertimbangan maka aplikasi akan dipergunakan dan untuk meningkatkan pemahaman penggunaannya maka dilakukan workshop untuk pengguna dan pemberi layanan.  

Acara workshop berlangsung 2 hari yaitu Rabu-Kamis, 22-23 Juli 2020 bertempat di ruang rapat Neutron Gedung 53 dengan diikuti 6 peserta secara offline 6 orang yang statusnya work from office (WFO) dan 28 peserta secara online karena status work from home (WFH).

Dalam sambutanya, Raden Sumarbagiono, Kepala PTLR mengatakan bahwa ide pembuatan aplikasi ini sudah digagas sejak Dia menjadi Kepala Bidang Pengembangan Faslitas Limbah beberapa tahun silam. Namun baru tahun 2019 lalu, aplikasi ini selesai dibuat dan siap diterapkan. Lebih lanjut, Kepala PTLR berharap dengan dipergunakannya Silaomens dapat memperbaiki kualitas layanan.

Materi workshop terdiri dari Layanan Media Energi, Pengenalan Aplikasi dan Praktek penggunaannya. Materi pada hari pertama adalah Layanan Media Energi dan Aplikasi Silaomens yang disampaikan langsung oleh pembuatnya yaitu Suparno, Kepala Subbidang Fasiitas Proses (FP). Materi kedua berupa pengenalan fitur-fitur dalam aplikasi Silaomens oleh Parjono (programer) sedangkan materi ketiga yang dsampaikan hari kedua workshop adalah praktek penggunaan Silaomens yang dipandu Pranata Nuklir Madya dari Subbidang FP yakni Sugianto.

Pemateri hari pertama menyampaikan bahwa tujuan dipakianya Silaomens, selain untuk mengurangi penggunaan kertas dalam hal administrasi layanan kebutuhan media energi tetapi juga untuk memastikan terdokumentasinya administrasi dengan lebh baik dan untuk pemberian kepastian adanya layanan dengan lebih cepat. Lebih lanjut Suparno mengatakan bahwa untuk memangkas waktu antara permohonan  dengan adanya kepastian pemberian layanan, diperlukan kecepatan semua pihak, termasuk atasan pemohon yang harus menyetujui permohonan terlebih dahulu sebelum dieksekusi oleh BPFL. Namun dengan adanya notifikasi via email ke Handphone (HP) ke semua pejabat yang terlibat, Dia berharap layanan ini lebih cepat daripada cara konvensional apalagi dalam situasi seperti pandemic Covid-19 yang membolehkan sebagian pegawai bekerja dari rumah. Pemateri kedua, Parjono menyampaikan secara detail fitur-fitur yang dimiliki Silaomens dan alur datanya.

Pada hari kedua, peserta yang mengikuti workshop di kantor (offline) diberi kesempatan untuk menggunakan aplikasi secara langsung dan dipandu oleh pemateri. Pemahaman peserta akan meningkat setelah mereka sendiri mencoba aplikasi, ini terlihat dari kelancaran peserta dalam simulasi melakukan permohonan penyediaan kebutuhan media energi untuk pengolahan limbah.

Secara umum, workshop yang dilaksanakan  menggunakan metode gabungan offline dan online berjalan lancar, kendala kadang terjadi saat buruknya koneksi internet pemateri dan peserta yang statusnya WFH. Pelaksanaan workshop, rapat, pelatihan dan lainnya secara daring (online) merupakan salah satu solusi agar pelaksanaan kegiatan dalam masa Pandemi Covid-19 tetap berjalan. PTLR berkomitmen untuk mencegah penyebaran Covid-19 di segala kegiatan (irsan).







LAPORKAN GRATIFIKASI, SUAP, KORUPSI MELALUI ANDROID





Statistik Pengunjung

Live Visitors Counter

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif - Badan Tenaga Nuklir Nasional

Gedung 50 Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan 15310 INDONESIA

Telp. (021) 7563142 , Fax. (021)7560927

website: www.batan.go.id/ptlr

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.