Slide lapor go id
Slide PZI PTLR
Slide Survey Persepsi
Slide Hut RI 76
Slide WBS
Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...

(Tangsel, 27/08/2020)  PTLR kembali menggelar acara tahunan berjudul Presentasi Hasil Penelitian dan Kegiatan (PHPK) untuk tahun 2019 pada tanggal 25-26 Agustus 2020, bertempat di Gedung 50 Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan. Kali ini acara berlangsung dengan model yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam masa pandemi Covid-19, PTLR berkomitmen untuk mencegah penyebaran virus corona di perkantoran sehingga memutuskan acara berlangsung semi daring. Presenter melakukan pemaparan hasil kegiatan atau penelitian dari kantor seara tatap muka sedangkan para peserta mengikuti acara dari rumah masing-masing menggunakan aplikasi Yealink.

Acara ini merupakan ajang saling bertukar informasi dan berdiskusi para pejabat struktural, pejabat fungsional dan pegawai PTLR tentang apa yang telah dicapai dari kegiatan dan penelitian pada tahun 2019. Tercatat terdapat 32 makalah yang diterima panitia dan lolos untuk dipresentasikan, sedangkan peserta pendengar tercatat tidak kurang dari 70 yang mendaftar secara online.

Sebelum acaara dimulai, didahulu penjelasan pembaw acara mengenai aturan main pelaksanaan presentasi terutama bagi peserta seperti selalu mute mic, memakai nama asli pada aplikasi yealink dan lainnya, sedangkan untuk presenter diminta selalu pakai masker dan jaga jarak sesama presenter. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala PTLR, Ir. R Sumarbagiono, MT. Pada sambutannya, Kepala PTLR menjelaskan mengapa pelaksanaan PHPK yang mundur dari waktu bisanya (maret) karena beberapa hal, salah satunya pandemi Covid-19. Namun beliau berharap setiap pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan PHPK tetap semangat. Hal ini dikarenakan acara ini merupakan salah bentuk pertangggungjawaban terhadap penggunaan anggaran yang diberikan pemerintah, menggambarkan pelaksanaan tupoksi PTLR yaitu operasional fasilitas nuklir dan litbang.

Sebelum presentasi dari pegawai PTLR, didahului dengan pemberian materi oleh psikolog Niswati Amanah, Psi. CEC yang mengusung tema “Cara Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif dan Tetap Produktif Saat Pandemi”. Panitia sengaja memilih tema tersebut untuk memberikan motivasi kepada pegawai PTLR agar tetap produktif selama bekerja dari rumah (WFH). Selama kurang lebih 120 menit, narsum menjelaskan mengapa hal negatif tersimpan baik di otak daripada hal positif, cara mengubah pola pikir, tips berpikir positif saat pandemi, pengelolaan emosi, dan menghentikan rasa khawatir yang berlebihan.  

Presentasi dibagi menjadi tiga topik besar yaitu pengelolaan limbah, keselamatan kerja dan personil serta pengembangan fasilitas limbah. Setiap kelompok terdiri dari sejumlah presenter dan pemaparan dilakukan di tiga ruang rapat secara pararel yaitu ruang rapat Alpha, Gamma dan Neutron di PTLR. Setiap presentasi bisa diikuti oleh peserta dengan menggunakan aplikasi Yealink dari rumah masing-masing yang statusnya WFH.

Acara berlangsung dua hari dan tetap berlangsung hangat hingga akhir, hal dibuktikan dengan terjadinya diskusi dan tanya jawab antar presenter dengan peserta. Untuk memberikan apresiasi kesetiaan peserta mengikuti seluruh rangkaian acara maka panitia memberikan  doorprize kepada peserta yang beruntung. Dari acara ini, diharapkan akan diperoleh masukan-masukan yang dapat pergunakan untuk memperbaiki metode penelitian dan kegiatan pada tahun berikutnya. (irsan)







LAPORKAN GRATIFIKASI, SUAP, KORUPSI MELALUI ANDROID





Statistik Pengunjung

Live Visitors Counter

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif - Badan Tenaga Nuklir Nasional

Gedung 50 Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan 15310 INDONESIA

Telp. (021) 7563142 , Fax. (021)7560927

website: www.batan.go.id/ptlr

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.