Putra-putri Indonesia Mampu Mengoperasikan PLTN

Putra-putri Indonesia Mampu Mengoperasikan PLTN

Sebenarnya Indonesia sudah mengoperasikan tiga unit reaktor nuklir untuk keperluan penelitian serta beberapa fasilitas nuklir yang meliputi fabrikasi elemen bakar.

Ratusan Generasi Muda Nuklir 7 Negara Ikuti NYS 2014

Ratusan Generasi Muda Nuklir 7 Negara Ikuti NYS 2014

Jakarta (22/11/14); Sebanyak 142 generasi muda nuklir yang berasal dari 7 negara mengikuti Nuclear Youth Summit (NYS) 2014. 24 peserta berasal dari Australia, Vietnam, Thailand, Philipina, Malaysia dan Bangladesh, sementara 118 peserta

Temui JK, Utusan Rusia Ingin Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Batam

Temui JK, Utusan Rusia Ingin Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Batam

Jakarta -Hari ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Valentina Matviyenko. Sejumlah rencana kerjasama ekonomi dibicarakan

Teknik Serangga Mandul Pada Nyamuk

Teknik Serangga Mandul Pada Nyamuk

Teknik Serangga Mandul (TSM) merupakan suatu cara pengendalian vektor yang ramah lingkungan, efektif, dan potensial.

Berdasarkan Peraturan Kepala BATAN Nomor 14 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja BATAN, Pusat Diseminasi dan Kemitraan mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang diseminasi dan kemitraan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir.

Dalam melaksanakan tugasnya, Pusat Diseminasi dan Kemitraan menyelenggarakan fungsi: pelaksanaan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga, dokumentasi ilmiah dan publikasi serta pelaporan; pelaksanaan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir; pelaksanaan promosi dan produksi media ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir; pelaksanaan manajemen inovasi dan kemitraan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir; pelaksanaan jaminan mutu; dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir.

Kebijakan dan Strategi PDK yang dirumuskan berpedoman pada Rencana Strategis BATAN khususnya dalam mendukung pelaksanaan Program Penelitian Pengembangan dan Penerapan Energi Nuklir, Isotop dan Radiasi sesuai dengan outcome yang diharapkan di tingkat BATAN. Dalam pelaksanaannya ditetapkan 3 (tiga) garis besar kebijakan PDK dalam melaksanakan diseminasi, promosi, dan kemitraan iptek nuklir sebagai berikut:

  • Penyebarluasan informasi dan pendidikan masyarakat (public information and education) secara profesional dan proporsional.
  • Pemanfaatan hasil litbangrap iptek nuklir yang terbukti dan memenuhi aspek legal sesuai kebutuhan masyarakat.
  • Penguatan jejaring kemitraan pengguna produk teknologi nuklir.

Kebijakan dan Strategi PDK tersebut kemudian diterjemahkan dalam Program Lima Tahunan Pusat Diseminasi dan Kemitraan yang disusun berdasarkan pada Renstra BATAN dengan sasaran utama jangka pendek, menengah dan panjang, serta RPJMN III tahun 2015 - 2019 yang mencakup program penelitian pengembangan dan penerapan energi nuklir, isotop dan radiasi. Program tersebut dilaksanakan melalui kegiatan diseminasi, promosi, dan kemitraan iptek nuklir dalam rangka meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap iptek nuklir yang didukung dengan kegiatan yang semakin berkualitas, efektif dan efisien.

Kegiatan diseminasi, promosi, dan kemitraan iptek nuklir yang akan dilakukan dalam rangka mendukung program prioritas BATAN dan melaksanakan program Unit Kerja untuk mencapai tujuan meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap iptek nuklir dan peningkatan peran iptek nuklir dalam pembangunan nasional. (Tabel matriks kinerja kegiatan PDK 2015-2019).