Putra-putri Indonesia Mampu Mengoperasikan PLTN

Putra-putri Indonesia Mampu Mengoperasikan PLTN

Sebenarnya Indonesia sudah mengoperasikan tiga unit reaktor nuklir untuk keperluan penelitian serta beberapa fasilitas nuklir yang meliputi fabrikasi elemen bakar.

Ratusan Generasi Muda Nuklir 7 Negara Ikuti NYS 2014

Ratusan Generasi Muda Nuklir 7 Negara Ikuti NYS 2014

Jakarta (22/11/14); Sebanyak 142 generasi muda nuklir yang berasal dari 7 negara mengikuti Nuclear Youth Summit (NYS) 2014. 24 peserta berasal dari Australia, Vietnam, Thailand, Philipina, Malaysia dan Bangladesh, sementara 118 peserta

Temui JK, Utusan Rusia Ingin Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Batam

Temui JK, Utusan Rusia Ingin Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Batam

Jakarta -Hari ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Valentina Matviyenko. Sejumlah rencana kerjasama ekonomi dibicarakan

Teknik Serangga Mandul Pada Nyamuk

Teknik Serangga Mandul Pada Nyamuk

Teknik Serangga Mandul (TSM) merupakan suatu cara pengendalian vektor yang ramah lingkungan, efektif, dan potensial.

Dalam perkembangannya, iptek nuklir telah memasuki semua aspek kehidupan yang berkaitan langsung dengan keseharian masyarakat seperti bidang energi, pangan, kesehatan, industri, sumber daya alam dan lingkungan (SDAL). Dengan peranannya yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat, maka tidak menutup kemungkinan tantangan dan peluang iptek nuklir di masa mendatang akan terus berkembang.

Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) merupakan salah satu Unit Kerja di BATAN dibawah kedeputian Pendayagunaan Teknologi Nuklir bertugas menghilirkan semua hasil litbangrap yang telah teruji ke masyarakat agar peranan iptek nuklir dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat dirasakan manfaatnya.

Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) merupakan salah satu satuan kerja di lingkungan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang diseminasi dan kemitraan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir. Sejarah pembentukan satuan kerja ini adalah sebagai berikut:

1986

Keberadaan satuan kerja PDK berawal dari unit kerja Biro Pemasyarakatan dan Kerjasama Saind dan Teknologi (BPKST) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1985 tentang Badan Tenaga Atom Nasional dan Keputusan Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Nasional Nomor 127/DJ/XI/1986 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Tenaga Atom Nasional. BPKST pada saat itu mempunyai tugas merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemasyarakatan sains dan teknologi nuklir, merumuskan naskah peraturan, kerjasama dalam dan luar negeri, serta memberi bantuan hukum, berdasarkan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal BATAN

Para pejabat struktural di lingkungan Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) telah melalui beberapa perkembangan dan pergantian nama, dan terakhir adalah sebagai berikut.

Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) memiliki jumlah pegawai sebanyak 69 orang, yang tersebar ke dalam satu bagian dan 3 bidang. Berikut data statistik pegawai PDK per April 2017.