Slide item 1

BATAN Lakukan Akselerasi Pemanfaatan Bahan Galian Nuklir

BATAN melakukan akselerasi pemanfaatan dan pengelolaan bahan galian nuklir terutama mineral radioaktif, mudah-mudahan semua bisa memberikan hasil (outcomes). Sehingga apa yang kita teliti dan kembangkan tidak hanya berhenti di lab tapi juga kita hilirkan dan komersialisasikan,” ungkap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawa, saat .....

Selengkapnya...
TPP_BGN
KKIP_BGN

Pada awalnya PTBGN merupakan suatu proyek di bawah Lembaga Tenaga Atom berdasarkan Kepres No. 225 Tahun 1963 dengan nama proyek adalah Proyek Bahan-bahan Tenaga Atom yang berkantor di Pasar Jumat. Kemudian pada tanggal 20 April 1964 keluar SK Dirjen LTA no. UP. 10/5/12 tentang pengangkatan Ir. Corputy menjadi Kepala Proyek Survey Geologi/Eksplorasi pada Bahan-bahan Tenaga Atom, Lembaga Tenaga Atom  mulai 1 Mei 1963.  Pada tahun 1968 keluar Kepres RI No. 299 tahun 1968 tentang unsur-unsur pelaksana BATAN yang salah satunya adalah Direktorat Survey Geologi (DSG).  Untuk kelancaran tugas BATAN dipandang perlu menyempurnakan organisasi DSG sesuai dengan perkembangannya, maka surat keputusan DIRJEN BATAN No. 27/DD/VII/1969 tanggal 12 Juli 1969 ditetapkan struktur organisasi serta tugas kewajiban para pejabat DSG.  

DSG telah beberapa kali mengalami perubahan nama sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan perkembangan bahan galian nuklir. Perubahan nama DSG antara lain: Pusat Eksplorasi Pengolahan Bahan Nuklir (PEPBN) tahun 1980, Pusat Pengembangan Bahan Galian Nuklir (PPBGN) tahun 1986, Pusat Pengembangan Bahan Galian dan Geologi Nuklir (P2BGGN) tahun 2003, Pusat Pengembangan Geologi Nuklir (PPGN) tahun 2005, dan tahun 2013 hingga saat ini menjadi Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN). Berdasarkan uraian tentang berbagai Keputusan Presiden Republik Indonesia dan Keputusan Direktur Jenderal BATAN No. 27/DD/VII/1969 tanggal 12 Juli 1969 disepakati sebagai HARI KELAHIRAN DIREKTORAT SURVEY GEOLOGI (DSG), sehingga TANGGAL 12 JULI MERUPAKAN HARI ULANG TAHUN PTBGN.

Tentang

PTBGN adalah merupakan salah satu unit di lingkungan Badan Tenaga Nukir Nasional di bawah Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir (TEN) dengan tugas pokok melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang pengembangan teknologi eksplorasi, penambangan dan pengolahan bahan galian nuklir.

Latar Belakang

PTBGN terletak dikawasan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Ps. Jumat, Jakarta Selatan. Kegiatan litbang mulai dilakukan di  Jawa tahun 1963  dan dalam perkembangannya selanjutnya litbang tersebut diperluas di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Irian Jaya. Disamping itu untuk meningkatkan peranannya dalam masyarakat, PTBGN melakukan kerjasama dengan instansi lain yaitu instansi pemerintah atau swasta dalam bidang pemanfaatan teknologi nuklir untuk pencarian sumber air tanah di beberapa daerah yang sulit air.

Visi

Rencana Strategis PTBGN (2015 – 2019) ”Peningkatan teknologi eksplorasi, penambangan dan pengolahan Bahan Galian Nuklir (BGN) bagi kesejahteraan masyarakat”

Misi

Rencana Strategis Misi PTBGN (2015-2019)

  1. Melaksanakan eksplorasi BGN
  2. Meningkatkan pengembangan teknologi litbang penambangan dan pengolahan BGN
  3. Melaksanakan pemantauan keselamatan kerja dan pengelolaan instalasi penambangan
  4. Melaksanakan jaminan mutu
  5. Melaksanakan pengamanan nuklir
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Deputi Bidang TEN

Profil Pejabat Struktural

Profil pejabat struktural di Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir

Kepala Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir

Nama                        

NIP                            

Tempat/Tanggal Lahir  

Pendidikan                 

Penghargaan                

Jabatan Sebelumnya   

Nomor Kontak            

Alamat   

:

:

:

:

:

:

:

:

Ir. Yarianto Sugeng Budi Susilo, M.Si

19660106 199303 1 004

Magelang / 6 Januari 1966

Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan

Satyalancana Karya Satya 20 Tahun

Kepala Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir - PKSEN

(021) 7691775

Jl. Lebak Bulus Raya No. 9, Pasar Jumat, Jakarta