pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

Radiasi sinar gamma atau berkas elektron juga dapat digunakan untuk memodifikasi bahan atau polimer tertentu untuk menghasilkan bahan baru dengan sifat-sifat yang dikehendaki dan dengan kualitas lebih baik. Peneliti BATAN telah meneliti modifikasi polimer untuk bahan tekstil, kayu, karet dan plastik. Hasilnya yaitu vulkanisasi untuk karet lateks alam iradiasi. Produksi lateks alam iradiasi yang telah uji produksi skala pabrik misalnya sarung tangan hingga tensimeter. Lateks alam iradiasi ini ramah lingkungan dan mudah untuk pewarnaan.

Proses radiasi juga dapat diterapkan untuk getah pohon karet bercampur bahan plastik untuk menghasilkan perekat. Bahan ini dapat digunakan sebagai perekat pada pembuatan panel kayu lapis dari serbuk gergaji atau tongkol jagung. Dapat juga dipakai untuk bahan perekat sepatu, tas kain, kulit dan lainnya. Keunggulan perekat hasil iradiasi itu adalah ramah lingkungan, bisa disimpan dalam waktu lama, dan tidak beracun.

Radiasi berkas elektron dan sinar ultra violet juga dipakai untuk melapisi permukaan kayu. Keunggulan teknik ini yaitu bisa mengeringkan kayu dengan cepat, ramah lingkungan dan efisien. BA TAN memiliki sebuah pilot plant pelapisan permukaan papan kayu memakai radiasi berkas elektron dan sinar ultra violet untuk kegiatan penelitian, pelatihan dan jasa lapisan.