Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

(Bandung, 14/07/2017). Dalam rangka pemanfaatan iptek nuklir untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya di Jawa Barat, Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat dan Kerjasama (BHHK), Eko Madi Parmanto, Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Jupiter Sitorus Pane didampingi pejabat administrator dan staf BHHK dan PSTNT melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk bersilaturahim sekaligus penjajagan dan diskusi singkat terkait kerja sama antara BATAN dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) di Bandung,14 Juli 2017.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar), Iwa Karniwa yang didampingi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Jawa Barat (BP2D Jabar), Lukman Shalahuddin beserta pejabat administrator terkait menyambut baik kunjungan kerja 8 orang personil BATAN dan berharap agar dapat terjalin kerjasama yang baik dalam bidang pemanfaatan iptek nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

Eko Madi Parmanto menginformasikan bahwa pemanfaatan dan hasil-hasil iptek nuklir khususnya dalam bidang pertanian, kesehatan dan lingkungan telah banyak dirasakan dan digunakan oleh masyarakat Jawa Barat. Lebih lanjut menurut Eko, dengan akan beroperasinya Irradiator Gamma Merah putih dan akan dibangunnya Reaktor Daya Eksperimental, BATAN berharap agar pemerintah provinsi Jawa Barat dapat turut serta memasyarakatkan manfaat dan hasil-hasil pemanfaatan iptek nuklir.

Sementara itu, Kepala PSTNT, Jupiter Sitorus Pane berharap dengan beroperasinya kembali Reaktor TRIGA 2000 yang merupakan Reaktor pertama di Indonesia dan berlokasi di wilayah Jawa Barat, dapat dimanfaatkan untuk membantu produksi radioisotop dan pengembangan pendidikan teknik nuklir di Jawa Barat.

Pertemuan singkat dengan Sekda Jabar kemudian dilanjutkan dengan diskusi teknis yang melibatkan Kepala BP2D Jabar beserta staf terkait tindak lanjut pelaksanaan kerjasama yang berlokasi di kantor BP2D Jawa Barat.

Kunjungan kerja ini diakhiri dengan kesepakatan teknis pelaksanaan kerjasama antara BATAN dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Pemanfaatan Energi Nuklir bagi Kesejahteraan Masyarakat Bidang Pelayanan Kesehatan, Manipulasi Genetika dan Agrikultur. </arie>