korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

HUT-PSTNT

Kawasan Nuklir Bandung diresmikan pada 20 Februari 1965 yang menempati area seluas 3 ha dan merupakan tempat dibangunnya reaktor pertama di Indonesia

Berprestasi-utk-negri
Petugas-Reaktor
Slide item 13
Slide item 14

Presiden Soekarno Meresmikan Reaktor Nuklir Pertama di Indonesia Tahun 1965.

(Bandung, 30/10/2019). Destinasi wisata teknologi nuklir di Bandung resmi dibuka untuk umum mulai hari ini. Hal ini ditandai dengan memainkan alat musik angklung khas Jawa Barat secara simbolis oleh Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial, Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, dan Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) BATAN, Jupiter Sitorus Pane, di lapangan PSTNT BATAN, Bandung, Rabu (30/10/2019).

Pada rangkaian kegiatan ini juga diresmikan ruang pameran PSTNT BATAN oleh Kepala BATAN dan Wali Kota Bandung.

Kepala PSTNT BATAN, Jupiter Sitorus Pane mengatakan, pengunjung dapat mengunjungi destinasi wisata teknologi pertama di Bandung ini secara gratis. Wisatawan dapat mengunjungi ruang pameran, area reaktor, dan laboratorium lainnya seperti lab produksi isotop, lab senyawa bertanda, maupun lab teknik analisis nuklir. Merujuk pada peraturan internasional, pengunjung ke lokasi reaktor harus berusia minimal 18 tahun.

"Untuk masyarakat umum, dapat mengunjungi ruang pameran setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 8 hingga pukul 4 sore, sedangkan jika ingin melihat reaktor nuklir, kami buka Setiap Senin dan Selasa, tetapi harus membuat surat permohonan kunjungan terlebih dahulu," kata Jupiter di sela-sela acara.

Baca juga: Informasi Kunjungan

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan mengatakan, kota Bandung memiliki kedekatan sejarah dengan BATAN, karena reaktor nuklir pertama di Indonesia dibangun di Bandung.

"Bandung merupakan tonggak sejarah bagi perkembangan iptek nuklir. Reaktor riset pertama diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1965, saat itu beliau mengatakan Indonesia sudah memasuki era atom," katanya.

Sejak dioperasikan, lanjut Anhar, sudah banyak karya yang dihasilkan dari pemanfaatan reaktor Bandung ini, antara lain identifikasi polutan udara yang sudah dimanfaatkan pemerintah kota Bandung untuk memperbaiki kualitas udara, radioisotop dan radiofarmaka yang dimanfaatkan untuk pengobatan pasien di rumah sakit.

"Dengan dijadikannya PSTNT BATAN sebagai destinasi wisata teknologi ini, kami ingin mendekatkan ke masyarakat, serta mengedukasi bahwa nuklir memiliki banyak manfaat untuk kehidupan masyarakat, khususnya kota Bandung,” tambah Anhar.

Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial, menyambut baik dengan dijadikannya BATAN Bandung sebagai wisata teknologi.

"Harapan saya ini (BATAN) menjadi pilihan destinasi wisata di Bandung, bahwa bukan sekedar destinasi, tapi memberikan edukasi, karena masyarakat dengar nuklir itu takut, mudah-mudahan bisa mengubah opini masyarakat bahwa nuklir untuk perdamaian tidak bahaya," katanya.

Ia juga berharap, akan ada destinasi wisata teknologi lainnya sebagai pilihan para wisatawan Bandung.

"Wisata teknologi nuklir ini harapannya diikuti juga dengan wisata terapan teknologi lainnya, seperti PT. PINDAD, PT. LEN, sehingga semakin banyak destinasi wisata teknologi menjadikan Bandung juara dalam menarik wisatawan," harap Wali Kota Oded.

Peresmian BATAN Bandung sebagai destinasi wisata teknologi juga dibarengi dengan pameran hasil litbang PSTNT BATAN, yang akan berlangsung mulai 30 Oktober hingga 1 November 2019. Selain pameran, berbagai perlombaan menarik dapat diikuti masyarakat umum, diantaranya lomba esai, photo contest, lomba menggambar tingkat TK, hingga rangking 1 (tnt).