Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

(Bandung, 19/08/2020) Berdasarkan hasil penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik BATAN oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB), capaian Indeks Penyelenggaraan Pelayanan Publik BATAN melalui pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR)-BATAN pada tahun 2019 adalah 4,08 (A minus) dengan predikat sebagai “Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori SANGAT BAIK pada Tahun 2019”.

Indeks tersebut harus dapat dipertahankan dan/atau ditingkatkan selanjutnya oleh Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT)-BATAN yang ditunjuk sebagai fokus untuk penilaian kinerja pelayanan publik BATAN pada tahun 2020 berdasarkan surat penunjukkan melalui Nota Dinas Ketua Tim Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik – Reformasi Birokrasi BATAN No.86/DE.1/OT 02 01/07/2020, tanggal 15 Juli 2020, hal Evaluasi Kinerja Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Salah satu upaya yang dilakukan BATAN agar PSTNT dapat mempertahankan dan/atau meningkatkan indeks penyelenggaraan pelayanan publik yang telah dicapai PTLR pada tahun 2019 adalah dengan melakukan pendampingan dan pembinaan yang dilaksanakan oleh Tim EPASIPP BATAN pada hari Rabu, 18 Agustus 2020, bertempat di Ruang Rapat Mutiara, Gedung B, PSTNT.

 Asep Yana Mulyana selaku Kepala Bagian Tata Usaha PSTNT dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan pendampingan dan pembinaan sangat dibutuhkan oleh PSTNT guna peningkatan kualitas pelayanan publik yang diselenggaran PSTNT serta untuk peningkatan dan penguatan pemenuhan persyaratan menuju predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dalam rangka pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (PZI) yang saat ini juga sedang dilaksanakan oleh PSTNT.

Dalam pelaksanaan pembinaan dan pendampingan, Zulfiyandi selaku narasumber dari PTLR dan juga merupakan anggota Tim EPASIPP BATAN melakukan evaluasi atas hasil pengisian Formulir F-01 yang merupakan instrumen untuk penilaian penyelenggaraan pelayanan publik yang diisi oleh Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) yang dalam hal ini adalah PSTNT.

 Berdasarkan hasil evaluasi atas pengisian Formulir F-01, terdapat beberapa hal yang masih perlu ditindaklanjuti oleh PSTNT agar dapat memperoleh indeks yang cukup baik. Selain itu, PSTNT juga perlu menyampaikan Formulir F-03 yang akan diisi oleh pelanggan, sedangkan pengisian F-02 dilaksanakan secara langsung oleh Zulfiyandi yang bertindak sebagai evaluator. Hasil penilaian F-01, F-02, dan F-03, selanjutnya akan menjadi dasar perkiraan capaian indeks Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh PSTNT sebelum penilaian dilaksanakan oleh Kementerian PAN-RB.

 Pada penutupan acara, Zulfiyandi menyampaikan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik tidak lepas dari komitmen pimpinan dan keterlibatan seluruh unsur dan elemen di PSTNT (manajemen maupun pegawai). Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi tentang penyelenggaraan pelayanan publik di internal PSTNT dan harapannya adalah PSTNT akan dapat meraih indeks penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik serta berhasil meraih predikat WBK pada tahun 2020 ini. (kpv)