Pengumuman Penerimaan CPSN 2019
sucofindo
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
peresmian gedung radiosiotop
korupsi
kedelai
Radiofarmaka

(Serpong, 10/12/2019) Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan menyampaikan program BATAN kurun waktu 2020 - 2024, pada acara internalisasi rencana strategis (Renstra) BATAN kepada seluruh pegawai di Gedung Graha Widya Bhakti, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan, Selasa (10/12). Selama 5 tahun mendatang kegiatan BATAN akan menitikberatkan pada upaya hilirisasi hasil litbang iptek nuklir.

"Renstra yang berisi perencanaan program dan kegiatan beserta target dirancang sehingga program dan kegiatan Batan berkesinambungan. Untuk tahun 2020-2024 fokus kegiatan akan lebih banyak pada upaya hilirisasi dan komersialisasi produk litbang," ujar Anhar.

(Jakarta, 03/12/2019). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengenalkan pemanfaatan teknologi nuklir di bidang uji tidak merusak yang lebih dikenal dengan Non Destructive Investigation (NDI) melalui kegiatan workshop dan pameran BATAN-IAEA Collaborating Center di Hotel Kristal, Jakarta, Selasa (03/12). Kegiatan ini dijadikan ajang mempertemukan para pengembang teknologi dengan para pengguna, regulator (penentu kebijakan), dan penyedia jasa NDI.

Deputi Kepala BATAN Bidang Teknologi Energi Nuklir, Suryantoro mengatakan, BATAN telah ditunjuk oleh Badan Tenaga Atom Internasional / International Atomic Energy Agency (IAEA) sebagai pusat acuan atau Collaborating Center di bidang NDI. "Dengan pengakuan ini, BATAN telah menjadi negara tujuan bagi negara-negara lain, khususnya di kawasan regional Afrika dan Asia-Pasifik untuk mengikuti pelatihan teknik uji tak rusak," kata Suryantoro.

(Klaten, 02/12/2019) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) bersama mitranya yang tergabung dalam pengembangan Science Techno Park (STP) dan Agro Techno Park (ATP) menggelar sarasehan yang mengusung tema pengembangan pertanian terpadu antara peternakan, pelaku usaha dan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak. Sarasehan yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 2 Desember 2019 ini digunakan sebagai sarana penyampaian capaian dari ketiga ATP dan STP yakni Nasional STP (PAIR), ATP Musi Rawas, ATP Polewali Mandar, dan ATP Klaten.

Deputi Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir (SATN), Efrizon Umar mengatakan, program ATP dan STP ini merupakan program nasional yang digulirkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal kepemimpinannya yakni tahun 2015. Tahun 2019 merupakan tahun terakhir dari pelaksanaan program pengembangan ATP dan STP, banyak hal yang telah dicapai oleh BATAN bersama ATP dan STP tersebut.

(Jakarta, 20/11/2019) Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan mengukuhkan 3 Profesor Riset di Auditorium Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) - BATAN, Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Rabu (20/11). Ketiga profesor riset tersebut adalah Dani Gustaman Syarif sebagai profesor riset ke - 53 di bidang material keramik, Budi Setiawan sebagai profesor riset ke - 54 di bidang kimia fisika, dan Heny Suseno sebagai profesor riset ke - 55 di bidang kimia radiasi.

Dalam sambutannya, Anhar berharap dengan bertambahnya jumlah profesor riset di BATAN, kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan iptek nuklir semakin maju, khususnya di ketiga bidang tersebut yakni material keramik, kimia fisika, dan kimia radiasi. “Dengan semua pengalaman riset yang telah dilakukan ketiga Profesor Riset ini, maka kita berharap akan dapat menjadi pendorong bagi para peneliti muda di BATAN,” ujar Anhar.


pratinjau

preview


   

Pengadaan Barang dan Jasa