Seleksi Jabatan Tinggi 2016

Seleksi Jabatan Tinggi 2016

Slide item 3

Reformasi Birokrasi BATAN 2016

Slide item 4

Reformasi Birokrasi BATAN 2016

Road Map Reformasi Birokrasi  BATAN 2016

Road Map Reformasi Birokrasi BATAN 2016

(Serpong, 23/07/2018). Dimulai pada 16 Juli 2018 Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar sosialisasi Reformasi Birokrasi (RB) untuk seluruh pegawai BATAN yang berjumlah 2200 orang lebih secara bertahap sampai dengan 2 Agustus 2018. Kali ini sosialisasi dilakukan untuk pegawai BATAN yang berada di Kawasan Nuklir Serpong dan bertempat di Auditorium Gedung 71 BATAN Serpong, Tangerang Selatan, Senin (23/07)

Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir (TEN) BATAN, Suryantoro dalam sambutan pembukaannya menyampaikan ada tiga sasaran RB yang harus kita capai, yaitu terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas. “Itu semua dilakukan sebagai upaya mendukung pemerintah mewujudkan birokrasi yang berstandar internasional, yang berkelas dunia pada tahun 2025 nanti,” katanya.

Tujuan sosialisasi RB di BATAN kali ini adalah untuk mendapatkan rekaman dan data sejauh mana BATAN telah melakukan sosialisasi program dan kegiatan RB kepada seluruh pegawainya. ”Hal ini terkait dengan penilaian yang dilakukan oleh Kemenpan RB dimana BATAN dinilai belum sepenuhnya melakukan sosialisasi pelaksanaan RB kepada seluruh pegawainya,” ujar Suryantoro.

 “Tahun ini kita mengadakan sosialisasi, sekaligus melakukan survei melalui kuesioner yang harus diisi oleh seluruh pegawai dengan harapan pemahaman seluruh pegawai BATAN tentang RB meningkat,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) BATAN, Ruslan selaku Tim RB BATAN menyampaikan bahwa dengan sosialisasi ini diharapkan dapat menyamakan persepsi, membangun komitmen bersama seluruh pegawai BATAN untuk kosisten melaksanakan program dan kegiatan RB di BATAN. “Pelaksanaan RB tidak bisa hanya sebatas oleh Pokja, oleh CAMAT (Change Agent Management, red.), atau pimpinan BATAN, tapi harus menjadi komitmen bersama secara menyeluruh dari semua pegawai BATAN,” kata Ruslan.

“Kita sudah punya road map RB BATAN dimana sudah kita tetapkan programnya. Harus kita laksanakan bersama, tidak setengah-setengah. Mulai dari yang terkecil, mulai dari diri sendiri dan mulai saat ini, secara terus menerus,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini dipaparkan tentang program RB di BATAN yang meliputi delapan area perubahan, yaitu Manajeman Perubahan, Penataan Peraturan Perundang-undangan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan serta Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Selanjutnya peserta sosialisasi juga diberikan materi tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) oleh Tanti Susanti dari Inspektorat BATAN. SPIP adalah sistem pengendalian intern (SPI) yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan pemaparan materi tentang monitoring dan evaluasi RB oleh Kepala Pusat Standardisasi Mutu Nuklir (PSMN) Batan, Budi Santoso. Tujuan dilakukannya monitoring dan evaluasi RB adalah untuk menjamin agar pelaksanaan RB dijalankan sesuai dengan ketentuan dan target yang ditetapkan dalam road map RB BATAN dan memberikan umpan balik bagi upaya perbaikan proses RB sehingga meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan RB.

Sosialisasi bagi pegawai BATAN di 9 unit kerja yang berada di Kawasan Nuklir Serpong dilaksanakan secara maraton mulai tanggal 23 Juli sd. 26 Juli 2018. (mirah)


pratinjau

preview


   

Pengadaan Barang dan Jasa